Pages

10 Gambar HOAX Yang Menggemparkan Dunia

Di era globalisasi sekarang ini, kita tidak bisa percaya begitu saja dengan keterangan ataupun gambar di dunia maya. Apalagi sekarang sudah ada program untuk mengedit gambar semacam Photoshop dan sejenisnya. Berikut ini adalah 10 gambar dan keterangan yang sempat menggemparkan dunia, namun belakangan diketahui bahwa itu adalah palsu (HOAX).

1. Tengkorak dan Tulang Belulang Raksasa.




Sekitar bulan Maret 2007 lalu, ada berita menghebohkan tersebar di internet. Dalam berita yang dilansir salah satu media di India bernama Hindu Voice membuat bahwa telah ditemukan makam raksasa beserta tengkorak dan tulang belulangnya

Bahkan editor dari beritanya merupakan penemuan hasil kerja keras dari team National Geographic Society yang bekerja sama dengan tentara India. Pada kenyataannya, banyak pihak dan media lain yang mengangkat media serupa, sehingga muncul kejanggalan yang akhirnya mengungkap bahwa foto tersebut hanya hoax atau bohong.

2. Plesiosaurus Mati di pesisir Pantai.



Pada tahun 2006 silam, internet juga sempat dihebohkan dengan tersebarnya foto-foto hewan pra sejarah, Plesiosaurus yang mati dengan kondisi tubuh yang masih utuh di pinggiran pantai.

Kebenarannya, foto tersebut bukan hewan pra sejarah itu melainkan seekor hiu besar yang mati dan terseret sampai ke pantai. Bahkan orang yang mengedit foto bohong itu menghilangkan sosok anak kecil yang waktu itu juga terabadikan oleh kamera.

3. Hiu di Supermarket.

Pada pertengahan 2012 lalu, ada foto yang beredar di internet di mana dalam foto tersebut nampak dua ekor hiu yang sedang berenang di bawah eskalator di salah satu supermarket.

Kabarnya, waktu itu memang terjadi banjir yang menggenangi banyak tempat salah satunya supermarket itu. Setelah ditelusuri lebih lanjut, foto dua ekor hiu di supermarket itu hanya rekayasa dari Adobe Photshop.

4. Sepeda yang Menyatu dengan Pohon.



Foto ini adalah nyata, hanya saja faktanya yang dibuat-buat. Sepeda tersebut memang disandarkan di pohon pada tahun 1950 dan kemudian ‘menyatu’ dengan pohonnya dan pemilik sepeda tersebut adalah orang biasa yang bernama Don Puz yang tidak pernah ikut berperang.

5. Gurita Raksasa.




Baru juga menginjak tahun 2014 sudah ada lagi muncul foto hoax yang bikin heboh para pengguna internet. Berita tersebut yaitu ditemukannya onggokan bangkai gurita super besar di pinggiran pantai Santa Monica.

Kebenarannya orang-orang yang terabadikan di dalam foto itu sedang mengerumuni seekor ikan paus kecil, namun oleh seseorang diganti dengan tubuh gurita raksasa ini.

6. Semangka ‘Bulan’ yang Tumbuh di Jepang.



Foto hoax ini pernah menjadi trending topic di Barat. Disebutkan bahwa apabila semangka ‘bulan’ ini dimakan, rasanya bisa berubah-ubah.

Tentu saja ini foto palsu. Ini hanya semangka biasa yang di edit dengan photoshop.

7. Proses Terbitnya Bulan di Sequoia National Park, California.



Banyak orang yang tertipu dengan foto ini karena menyangka bahwa foto ini adalah benar adanya. Padahal sebetulnya, pemandangan tersebut bukan di California, bahkan juga bukan di Amerika Utara.

Pemandangan ini terdapat di Perancis dan untuk bulannya, seperti biasa. Editan photoshop.

8. Pilot yang ‘Selfie’ di Udara.



Dilihat sekilas pun akan terlihat kejanggalan-kejanggalan yang ada. Yang jelas, ini tidak akan pernah bisa terjadi. Mungkin dulu pilotnya mantan sopir metromini. :V

9. Foto ‘Supermoon’ di Atas Langit Brazil.

 
Sekali lagi, bulan itu cuma tempelan dari foto lain saja. Namun sayangnya, banyak orang yang mempercayainya.

10. Telapak Kaki Bayi yang Menonjol di Perut Ibu.


Faktanya, menurut ilmu kesehatan, hal ini mustahil terjadi karena sangat banyak lapisan-lapisan di dalam perut ibu yang membungkus si calon bayi.

Itulah beberapa foto-foto HOAX yang pernah menggemparkan dunia, dengan ini saya berharap kita tidak percaya begitu saja dengan berita - berita yang belum tentu kebenarannya.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.